Wednesday, February 27, 2013

PERILAKU JAHILIYAH: 12 Menuduh Tidak Ikhlasnya Pengikut Kebenaran


Termasuk sifat orang-orang Jahiliyyah adalah menuduh orang-orang yang mengikuti kebenaran sebagai orang yang tidak ikhlas dan berambisi mencari dunia. Maka Allah Ta’ala membantah mereka dengan sabda Nabi-Nya yang Dia ceritakan dalam kisah Nuh alaihissalam:

{ قَالُوٓا۟ أَنُؤْمِنُ لَكَ وَٱتَّبَعَكَ ٱلْأَرْذَلُونَ (111) قَالَ وَمَا عِلْمِى بِمَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ (112) إِنْ حِسَابُهُمْ إِلَّا عَلَىٰ رَبِّى ۖ لَوْ تَشْعُرُونَ (113) }

“Mereka berkata: "Apakah kami akan beriman kepadamu, padahal yang mengikuti kamu ialah orang-orang yang hina?" Nuh menjawab: "Bagaimana aku mengetahui apa yang telah mereka kerjakan? Perhitungan (amal perbuatan) mereka tidak lain hanyalah kepada Tuhanku, kalau kamu menyadari.” (Q.S. Asy-Syu’ara: 111-113)

Maksud mereka, “Para pengikutmu itu kaum fakir miskin. Mereka beriman kepadamu untuk mendapatkan kehidupan yang mereka inginkan. Keimanan mereka bukan karena dalil yang membuktikan kebenaran ajaran yang kau bawa.” Karena itu, Allah membantah mereka dengan bantahan di atas.







Sumber: Syarh Masaail Al-Jahiliyyah, Mahmud Syukry Al-Alusy
Penerjemah: Agus Hasan Bashory
Diketik ulang dari buku ‘Mewaspadai 100 Perilaku Jahiliyah’

No comments:

Post a Comment