Thursday, February 14, 2013

Faedah Tauhid



Seorang yang bertauhid kepada Allah dengan benar akan bertawakkal hanya kepada Allah saja, tidak akan mengadu dan tidak saling caci maki sesama manusia, selalu ridha dan cinta kepada Allah, dan menerima dengan sepenuhnya atas hukum-hukum-Nya.

Tauhid rububiyyah diakui oleh manusia, karena tauhid ini sudah menjadi fitrah setiap manusia dan kesimpulan mereka ketika melihat kepada alam. Pengakuan saja tidaklah cukup sebagai bentuk keimanan kepada Allah yang dapat menyelamatkan dari adzab-Nya. Iblis pun telah mengakui tauhid ini sebagaimana juga orang-orang musyrik, namun hal tersebut tidak memberi manfaat bagi mereka, karena mereka tidak mengakui tauhid ubudiyyah dengan mengakui bahwa hanya Allahlah Tuhan yang patut untuk disembah.

Barangsiapa yang hanya mengakui tauhid rububiyyah, belum bisa dikatakan sebagai muwahhid (orang yang mengesakan Allah dalam ibadah) dan belum bisa dikatakan sebagai seorang muslim (orang yang berserah diri kepada Allah). Tidaklah diharamkan atas darah dan harta seseorang sehingga ia mengakui tauhid uluhiyyah, dia bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah tiada sekutu bagi-Nya, mengakui bahwa hanya Allah yang berhak untuk disembah, dan komitmen untuk selalu menyembah Allah tanpa mempersekutukan-Nya.

Sumber: Mukhtashar Al-Fiqh Al-Islaamy, Muhammad bin Ibrahim At-Tuwaijiry
Ensiklopedi Islam Al-Kamil, Pustaka Darus Sunnah

No comments:

Post a Comment