Saturday, February 16, 2013

PERILAKU JAHILIYAH: 01 Beribadah dengan Menyekutukan Orang-orang Shalih


Mereka beribadah dengan menyekutukan orang-orang shalih dalam doanya dan ibadahnya kepada Allah Ta’ala. Mereka beranggapan bahwa hal itu termasuk bentuk pengagungan terhadap orang-orang shalih yang dicintai oleh Allah. Dan dengan itu mereka juga menginginkan syafa’at mereka di sisi Allah, karena mereka mengira bahwa Allah menyukai hal itu dan orang-orang shalih menyukainya.

Sebagaimana firman Allah:

{إِنَّآ أَنزَلْنَآ إِلَيْكَ ٱلْكِتَٰبَ بِٱلْحَقِّ فَٱعْبُدِ ٱللَّهَ مُخْلِصًۭا لَّهُ ٱلدِّينَ (2) أَلَا لِلَّهِ ٱلدِّينُ ٱلْخَالِصُ ۚ وَٱلَّذِينَ ٱتَّخَذُوا۟ مِن دُونِهِۦٓ أَوْلِيَآءَ مَا نَعْبُدُهُمْ إِلَّا لِيُقَرِّبُونَآ إِلَى ٱللَّهِ زُلْفَىٰٓ إِنَّ ٱللَّهَ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فِى مَا هُمْ فِيهِ يَخْتَلِفُونَ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَهْدِى مَنْ هُوَ كَٰذِبٌۭ كَفَّارٌۭ(3)}

“Sesungguhnya Kami menurunkan kepadamu Kitab (Al Qur'an) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya. Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): "Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya". Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar.” (Q.S. Az-Zumar: 2-3)

Allah berfirman:

{وَيَعْبُدُونَ مِن دُونِ ٱللَّهِ مَا لَا يَضُرُّهُمْ وَلَا يَنفَعُهُمْ وَيَقُولُونَ هَٰٓؤُلَآءِ شُفَعَٰٓؤُنَا عِندَ ٱللَّهِ }

“Dan mereka menyembah selain daripada Allah apa yang tidak dapat mendatangkan kemudaratan kepada mereka dan tidak (pula) kemanfaatan, dan mereka berkata: "Mereka itu adalah pemberi syafaat kepada kami di sisi Allah".” (Q.S. Yunus: 18)


Ini adalah masalah terbesar yang diingkari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dari orang-orang Jahiliyah. Maka beliau datang dengan membawa Al-Ikhlas. Beliau mengabarkan pada mereka bahwa ikhlas itulah agama Allah yang tidak diterima dari siapapun selainnya. Dan beliau mengabarkan bahwa barangsiapa melakukan apa yang mereka anggap baik, maka Allah mengharamkan Surga untuknya dan tempat kembalinya adalah neraka.

Masalah ini adalah agama itu sendiri secara keseluruhan. Karenanya manusia terpecah menjadi muslim dan kafir, dan karenanya pula terjadilah permusuhan hingga disyariatkan jihad sebagaimana firman Allah:

{وَقَٰتِلُوهُمْ حَتَّىٰ لَا تَكُونَ فِتْنَةٌۭ وَيَكُونَ ٱلدِّينُ لِلَّهِ ۖ فَإِنِ ٱنتَهَوْا۟ فَلَا عُدْوَٰنَ إِلَّا عَلَى ٱلظَّٰلِمِينَ}

“Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan (lagi), kecuali terhadap orang-orang yang lalim.” (Q.S. Al-Baqarah: 193)

Dan firman-Nya:

{وَقَٰتِلُوهُمْ حَتَّىٰ لَا تَكُونَ فِتْنَةٌۭ وَيَكُونَ ٱلدِّينُ كُلُّهُۥ لِلَّهِ ۚ فَإِنِ ٱنتَهَوْا۟ فَإِنَّ ٱللَّهَ بِمَا يَعْمَلُونَ بَصِيرٌۭ}

“Dan perangilah mereka, supaya jangan ada fitnah dan supaya agama itu semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari kekafiran), maka sesungguhnya Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan.” (Q.S. Al-Anfal: 39)




Sumber: Syarh Masaail Al-Jahiliyyah, Mahmud Syukry Al-Alusy
Penerjemah: Agus Hasan Bashory
Dinukil  oleh Hasan Al-Jaizy dari buku ‘Mewaspadai 100 Perilaku Jahiliyah’ 

No comments:

Post a Comment