Sunday, March 10, 2013

Pengaruh Nama-nama Allah Dalam Peribadahan


 Sesungguhnya nama-nama Allah yang baik (asma’ul husna) dan sifat-sifat-Nya yang mulia memiliki pengaruh dalam peribadahan (manusia) dan dalam pendiptaan alam semesta. Penjelasan berkaitan dengan pengaruhnya dalam penciptaan alam semesta, telah berlalu. Adapun pembahasan sekarang berkaitan dengan pengaruhnya dalam peribadahan, seperti ketundukan, kerendahan diri, khusyu’, taubat, rasa takut, cinta, tawakal dan bentuk-bentuk ibadah lain, yang bersifat lahir maupun yang batin. Karena setiap nama Allah dan setiap sifat memiliki peribadahan khusus yang merupakan konsekuensi dari nama dan sifat serta ilmu tentangnya. Hal ini terkandung dalam setiap bentuk ibadah, baik yang di dalam hati maupun dalam anggota badan. Maksudnya bahwa seorang hamba apabila mengetahui tentang keesaan Allah dalam mendatangkan manfaat atau mudharat, pemberian, pencegahan, penciptaan, rezeki, menghidupkan dan mematikan, maka hal tersebut akan membuahkan tawakal kepada Allah Ta’ala lahir dan batin.


Allah Ta’ala berfirman:

{ وَتَوَكَّلْ عَلَى ٱلْحَىِّ ٱلَّذِى لَا يَمُوتُ وَسَبِّحْ بِحَمْدِهِۦ ۚ وَكَفَىٰ بِهِۦ بِذُنُوبِ عِبَادِهِۦ خَبِيرًا}

“Dan bertawakkallah kepada Allah Yang Hidup (Kekal) Yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya. Dan cukuplah Dia Maha Mengetahui dosa-dosa hamba-hamba-Nya,” (Q.S. Al-Furqan: 58)

{ رَّبُّ ٱلْمَشْرِقِ وَٱلْمَغْرِبِ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ فَٱتَّخِذْهُ وَكِيلًۭا}

“(Dia-lah) Tuhan masyrik dan magrib, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, maka ambillah Dia sebagai pelindung.”  (Q.S. Al-Muzammil: 9)

Apabila hamba telah mengetahui bahwa Allah adalah Maha Mendengar, Maha Melihat, Maha Mengetahui, tidak ada yang tersembunyi bagi-Nya sesuatu pun meskipun sekecil biji atom di langit dan di bumi, Dia menghitung segala sesuatu dengan sebenarnya dan mengetahui akan pengawasan Allah terhadapnya, maka hal tersebut akan membuahkan dalam dirinya kehati-hatian dari berbicara, berbuat dan membisikkan hati yang tidak diridhai oleh Allah dan akan menjadikan seluruh anggota badannya hanya untuk hal-hal yang dicintai dan diridhai-Nya.

Allah Ta’ala berfirman:

{ أَلَمْ يَعْلَم بِأَنَّ ٱللَّهَ يَرَىٰ}

“Tidakkah dia mengetahui bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?” (Q.S. Al-Alaq: 14)

{ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌۭ}

“dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”(Q.S. Al-Hujurat: 1)

{ ٱعْمَلُوا۟ مَا شِئْتُمْ ۖ إِنَّهُۥ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ}

“Perbuatlah apa yang kamu kehendaki; sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Fushshilat: 40)

Ibnu Rajab rahimahullah berkata, “Pernah seorang lelaki merayu seorang gadis (untuk berzina) di tempat sepi pada suatu malam, tetapi sang gadis menolak. Laki-laki tersebut berkata, “Tidak ada seorang  pun yang melihat kita, kecuali hanya bintang-bintang di langit.” Lalu gadis itu menjawab, “Namun, di manakan Sang Pencipta bintang-bintang itu? Di manakah Allah? Tidakkah Dia melihat kita?” Kemudian laki-laki tersebut membatalkan perbuatan dosa dan kekejian ini disebabkan ilmu yang dimilikinya tentang Allah Ta’ala. (Syarh Kalimah Al-Ikhlas, hal. 49)

Sesungguhnya seorang mukmin yang bertauhid, dia mendapatkan dengan keimanan dan keyakinannya terhadap nama dan sifat Rabbnya yang baik, yang menunjukkan akan keagungan Allah, kebesaran, dan keesaan-Nya dalam kemuliaan dan keindahan yang dapat menariknya untuk selalu memfokuskan semua cita-cita dan harapannya kepada Allah dengan penuh kecintaan, pengagungan, kekhusyu’an, merendahkan diri, berharap dan takut, dan dia selalu mencari ridha-Nya dengan mengerahkan semua daya dan upaya untuk mendekatkan diri kepada-Nya dengan melaksanakan hal yang disunnahkan setelah menjalankn yang diwajibkan. Semua taufik dan petunjuk di tangan Allah, tidak ada yang dapat mencegah apa yang Dia beri dan tidak ada yang dapat memberi apa yang Dia cegah. Tidak ada daya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah.



Sumber: Fikih Asma’ul Husna, oleh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al-Abbad Al-Badr, Pustaka Darus Sunnah





 Berminat pada buku ini?

Lihat Deskripsi buku ini dan pesan di: http://pustakailmu.com/buku-fikih-asmaul-husna#.UTu-MqKxWGM

No comments:

Post a Comment