Sunday, February 17, 2013

Orang yang Paling Sempurna Ibadahnya


Manusia yang paling sempurna ibadahnya adalah para nabi dan rasul, karena mereka adalah orang yang paling sempurna makrifatnya kepada Allah Ta’ala. Mereka adalah orang yang paling sempurna ilmunya dan sangat mengagungkan Allah dibanding dengan manusia yang lain. Maka Allah menambah kemuliaan kepada mereka dengan diangkatnya mereka sebagai utusan kepada manusia, sehingga bagi mereka keutamaan risalah dan keutamaan ibadah secara khusus.

Tingkatan berikutnya adalah para ash-shiddiiquun (orang-orang yang jujur) yang telah sempurna pembenaran (keimanan) mereka kepada Allah dan Rasul-nya disertai dengan kelurusan (istiqamah) dalam melaksanakan perintah Allah. Sementara tingkatan berikutnya adalah para syuhada, kemudian orang-orang saleh. Firman Allah Ta’ala:

{وَمَن يُطِعِ ٱللَّهَ وَٱلرَّسُولَ فَأُو۟لَٰٓئِكَ مَعَ ٱلَّذِينَ أَنْعَمَ ٱللَّهُ عَلَيْهِم مِّنَ ٱلنَّبِيّينَ وَٱلصِّدِّيقِينَ وَٱلشُّهَدَآءِ وَٱلصَّٰلِحِينَ ۚ وَحَسُنَ أُو۟لَٰٓئِكَ رَفِيقًۭا}

“Dan barang siapa yang menaati Allah dan Rasul (Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.” (Q.S. An-Nisa: 69)



Sumber: Mukhtashar Al-Fiqh Al-Islaamy, Muhammad bin Ibrahim At-Tuwaijiry
Ensiklopedi Islam Al-Kamil, Pustaka Darus Sunnah


No comments:

Post a Comment